Selasa, 17 Januari 2012

Restorasi peran mahasiswa sangat lah penting mengingat bangsa kita sangat membutuhkan para kaum akademisi yang akan menjadi tulang punggung bangsa kedepan dimana mahasiswa adalah agent of change atau study today leader tomorrow. Lantas apa yang diharapkan dari restorasi mahasiswa..? 

Description: E:imageshmiaksi BADKO jabarShofia(274).jpg
Add caption
mari kita bersenandung dengan rayap-rayap masa silam, dimana peran pemuda (mahasiswa) sangat menentukan kemerdekaan bangsa ini. Salah satunya adalah Peran boedioetomo mendirikan perkumpulan yang menentang penjajahan, yang sekaligus menjadi arwah perjuangan bangsa ini menggapai kemerdekaan, dan perjuangannya sekarang menjadi hari kebangkitan nasional.
Peran soekarno dan para pejuang yang melawan segala bentuk penindasan dan penjajahan di tanah ibu pertiwi, yang pada akhirnya memproklamasikan kemerdekaan bangsa ini. Sehingga sekarang kita bisa menjadi bangsa yang utuh dan berdaulat
Peran Soe Hok Gie, tokoh mahasiswa yang sangat luar biasa, kritis dan keras terhadap segala penindasan dijaman orde lama. Yang menjadi inspirasi para aktifis tahun 70, 80 dan 98.
Peran mahasiswa 1998, yang melengserka Soe Harto dari tahta yang ia huni selama 32 tahun lamanya. Sebuah aksi heroik yang diperankan oleh seluruh mahasiswa indonesia yang akhirnya menggapai reformasi. 
Lantas ukiran sejarah apa yang akan kita buat.?
siapa yang peduli 100-200 tahun kita akan mati menjelma tanah sama seperti milyaran orang lainnya. Dilupakan oleh waktu dihidupkan oleh kisah perjuangan” apa yang akan kita buat dengan perjuangan.? Agar hidup kita tak dilupakan waktu. ..!
Menurut Ridarmin S.Kom, M.Kom, secara umum mahasiswa menyandang tiga fungsi strategis, yaitu sebagai penyampai kebenaran (agent of social control), sebagai agen perubahan (agent of change), dan sebagai generasi penerus masa depan (iron stock).
Selalu kaum muda yang ada dibarisan terdepan dalam membangun bangsa ini, maka yang diperlukan mahasiswa saat ini, saya kira bukanlah pembangunan tetapi sebuah restorasi peranan mahasiswa sebagai mana mestinya yaitu : sesuai dengan tridarma perguruan tinggi dimana mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan formal di bangku kuliah saja, tetapi ada dua peran yang cenderung dilupakan oleh para kaum akademisi. Yaitu penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. pengabdian terhadap masyarakat yang mengalami penindasan dan perbuatan kesewenang-wenangan oleh pemerintah yang tidak bertanggun jawab. Mahasiswa juga harus kritis dan berperan aktif dalam gejala sosial yang ada di masyarakat dan mengawal pemerintahan dimana selalu ada kebodohan-kebodohan para penguasa, Korupsi, Moral dan kebodohan lainnya.
Restorasi mahasiswa adalah sebuah keharusan, maka untuk menggapai restorasi mahasiswa ada beberapa solusi yang saya kira sangat substansial, yaitu dengan perbaikan semangat para kaun intelektual (mahasiswa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar